Selasa, 16 Oktober 2012

Hard disk



Ganti hard disk
Buang ????????????????? Ups, tunggu dulu………..


Jika ada permasalahan pada laptopmu yang menyebabkanmu harus ganti hard disk, jangan tinggalin hard disk lamamu. Cek dulu, masih bisa bekerja gak?


Hard disk laptop sendiri bisa rusak karena
1.   Pemakaian terlalu lama dan tidak ada pendinginan sehingga hard disk panas, ini nih yang bikin rusak, n ini terjadi padaku, hehehee
2.  Memutar music atau video yang sama terus-terusan, hard disk pun jadinya terus-terusan membaca, artinya terjadi transfer data (listrik) kedalam hard disk sehingga terjadi panas.
3.   Sering tergoncang, hati-hati bagi yang suka dibonceng sepedah motor dan menggunakan tas ransel untuk membawa laptop
4.   Listrik suka naik turun
5.   File acak acakan, recycle bin gak pernah dibersihkan
6.   Ngegame mulu, apa lagi gamenya berat sehingga hard disk akan bekerja keras untuk membacanya
7.   Membawa atau menjinjing laptop saat sedang hibernate, aktif atau standby karena juga dapat merusak hard disk
8.   Mematikan secara paksa
9.   Sering install ulang dan asal install program
10. Melakukan defragment harddisk berlebihan
 

Agar diperhatikan hal-hal di atas, supaya hard diskmu bisa berumur panjang ^_^

Namun jika memang dah saatnya harus ganti juga, jangan asal g butuh dengan hard disk lama mu. Karena hard disk internalmu jangan-jangan masih bisa berfungsi, hanya saja tidak lagi mampu digunakan sebagai hard disk internal, namun masih sanggup digunakan sebagai hard disk external.

Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan memberikan alat tambahan pada hard disk internalmu. Kamu bisa menggunakan external case. Dengan external case, hard diskmu dapat bermanfaat untuk alat back up data, bisa dibilang sebagai pengganti hard disk external yang mudah untuk ditenteng, masukin tas, dan dibawa kemana saja. Harga external case sendiri tidak begitu mahal jika dibandingkan jika kamu membeli hard disk external yang baru.
Pengalaman, hard disk ku 320GB, aku jadikan hard disk portable dengan menggunakan external case tipe ROCK external enclosure 2.5" Slim SATA to USB 3.0, yang kubeli dengan harga Rp.110.000. 

Jika dibandingkan dengan aku membeli hard disk external 320GB yang paling murah harganya masih berkisar Rp.500.000, sangat jauh bedanya. 


                      external case, kabel data dan sarung tempat hard disk portable

Nah makanya, jangan asal buang hard diskmu ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar