Kamis, 11 Januari 2018

DASAR PARTIKEL

Electron
Electron itu mempunyai masa m=9,10956 x 10-28gram. Dan punya muatan sebesar e=1,60219 x 10-19 C. nah si electron ini ternyata ngga Cuma negative loh muatannya, tapi ada juga yang positif. Kalo electron negative namanya negatron, kalo yang positif itu namanya positron. Dalam suatu keadaan tertentu, si positron bertumbukan dengan negatron menyebabkan terbentuknya photon (negatron dan positronnya ilang habis tubrukan). Nah kejadian ini namanya electron annihilation, kalo photon yang terbentuk namanya annihilation radiation.

Proton
Muatanny sama dengan negatron (electron yang biasa kita kenal). Dengan berat nya m= 1,67261 x 10-24. Dan ternyata proton denan muatan negative juga ada loh,(ngga penting buat nuclear katanya si lamars)

Photon
Faktanya partikel punya dualism sifat, pertama sebagai partikel, kedua sebagai masa. Nah si partikel yang punya sifat gelombang electromagnet ini disebut sebagai photon. Karena sifatnya dia seperti gelombang, dia ngga punya masa dan muatan, Cuma punya kecepatan. Kecepatan dia di tanpa medium (vacum) c = 2,9979 x 1010 cm/sec, yang disebut juga kecepatan cahaya.

Neutrino

Ada lagi partikel yang ngga punya masa dan muatan yang muncul pada saat peluruhan nucleus. Ada 6 jenis loh si neutrino ini, tapi yang penting buat reaksi inti Cuma dua jenis, udah gitu mereka berdempetan (gancet) jadi dianggap aja satu sebagai neutrino.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar