Kamis, 11 Januari 2018

aquaponics diary part1

huffttt,....akhirnya nulis lagi. tapi kali ini saya akan menulis tentang pengalaman bercocok tanam, tapi bukan sembarang cocok tanam om, tapi dengan sistem akuaponik. 

Akuaponik (aquaponics),...what the hell kind is it???
akuaponik itu kalo dengan bahasa saya sendiri (hehhe) akua (air) ponik (tanaman) heeh jadi kita bercocok tanem dengan air, bukan dengan tanah lagi. wikipedia sih bilangnya aquaponis systems that combine of hydroponics and aquaculture. intinya sih perkawinan yang sah, yang telah disetujui oleh bapaknya akuakultur dan hidroponik, sehingga mereka mempunya keturunan yaitu si akuaponik. 

LAHHHH terus bedanya apa bang???
perbedaan antara akuaponik dan hidroponik adalah asal si sumber nutrisinya. Kamsudnya adalah kalo kita bercocok tanam dengan sistem hidroponik kita akan menggunakan cairan nutrisi, nah biasanya cairan nutrisi ini kita beli, berupa cairan AB mix buat sayuran, tambah cairan C kalo mao tanaman buah atau bunga. tapi kalo akuaponik, si air nutrisi ini kita dapet dari EEnya penghuni kolam dan keroco-kecoronya. EE hasil makan bersama ini akan di olah jadi nitrat dan nitrit yang fungsinya sebagai nutrisi buat si tanaman..

Terusss,..bisa u jelasin detail ngga bang???
waduhh  bisa aja sihh gw jelasin, tapi gimana yahhh, berhubung ntar blog gw penuh, terus u jadinya cuma baca blog gw, kasian punya orang lain ntar, so please check it for detail at www:google.com, type akuaponik,...saya jamin kalian pasti dapet info detilnya,..so dari pada makin ngaco gw, (kadang gw kadang saya) ngga apa lah yaa.. ini report akuaponik gw.


Aquaponics Diary Part 1

gambar 1. Kolam ikan dan sistem akuaponik

nah itu kalo diliat di gambar 1. ada bapak-bapak duduk, itu bokap gw bree, bukan bagian dari sistem akuaponics yang menambah jumlah nitrit dalam kolam yahhh, kolam ikan babeh gw ini punya dimensi 4x3x0,5 (dalam meter), nah lumayan kan, terus isinya kolam sangat heterogen persis seperti indonesia kita heheh. ada ikan nila, mujair, gurame (cuma 2) ikan mas biasa, ikan mas batu, ikan koi, ikan tawes dan udang sawah. nahh air ini gw pompa pake pompa air jenis life tech yang 6000 liter (bagus bro, recomended dahhh). pemilihan pompa ini, dihitung dari volume air kolam yang kamu punya bre,..misal kolam gw ini dengan dimensi 4x3x0,5 tadi kira-kira volumenya sekitar 6 m3(kubik) kalo kita jadiin liter yah 6000 liter, makanya gw pilih pompa dengan debit 6000liter/jam. artinya itu kolam kering kalo kita timbain (kuras) pake itu pompa cuma dalam 1 jam. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar